25 Rekomendasi Makanan untuk Diet, Pasti Berhasil!

https://legrillon77.com/ – Bingung mengatur menu makanan untuk diet? Makanan untuk diet sebenarnya bisa ditemukan dengan mudah di sekitarmu lho. Mulai dari sayur mayur dan buah yang kaya serat, hingga biji-bijian yang kaya protein.

Diet itu bukan berarti tidak makan ya. Setiap manusia membutuhkan asupan gizi yang seimbang setiap harinya, sehingga makan adalah hal yang penting. Tidak makan malah bisa membuatmu gampang jatuh sakit.

Ada beberapa makanan untuk diet yang dijamin bikin diet berhasil. Penasaran apa saja? Ini dia beberapa rekomendasi makanan untuk diet yang bisa kamu coba.

Makanan untuk Diet

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat dan ideal. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan olahraga teratur dan diet.

Asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh harus terpenuhi dan seimbang. Untuk itu, kamu harus tetap makan walau sedang diet.

Diet berarti mengatur jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi agar gizinya tetap seimbang.

Bingung apa saja makanan yang cocok untuk diet? Simak rekomendasi makanan untuk diet berikut ini.

1. Nasi Putih

Tidak semua diet harus menghindari nasi putih. Nasi putih mengandung karbohidrat yang menjadi sumber energi, sehingga tentu kamu boleh mengkonsumsi nasi putih selama diet.

Dilansir dari e-paper bertajuk Contoh Menu Makanan Diet Yang Mudah Dan Praktis yang diunggah Doni Setiawan melalui laman Academia, kamu tetap perlu mengatur porsi nasi yang kamu makan.

Setengah hingga 1 porsi nasi putih saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam sehari. Jangan makan terlalu banyak ya.

2. Brown Rice

Sebagai alternatif dari nasi putih, kamu bisa mencoba brown rice atau beras coklat. Brown rice mengandung serat yang lebih tinggi dibanding nasi putih biasa, sehingga cocok untuk diet.

3. Roti Gandum

Roti gandum adalah salah satu makanan untuk diet yang cukup populer. 2 irisan roti gandum sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian.

Namun, jangan makan dengan susu, apalagi selai. Susu dan selai mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat mengganggu diet.

4. Kentang Rebus

Kentang rebus juga biasanya banyak dikonsumsi selama diet. Kamu bisa konsumsi kentang rebus ini bersama kulitnya.

Hal ini dikarenakan kulit kentang dapat membantu mengendalikan nafsu makan sekaligus melancarkan pencernaan.

5. Jagung

Makanan untuk diet lain yang perlu kamu coba adalah jagung. Jagung mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kenyang lebih tahan lama.

Selain itu, jagung juga rendah kalori dan rasanya lezat. Kamu bisa merebusnya atau membakarnya tanpa bumbu.

6. Oatmeal

Oatmeal bisa dijadikan alternatif untuk sarapan selama diet. Makanan yang satu ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Oatmeal dapat dikonsumsi bersama buah-buahan segar. Mengkonsumsi oatmeal di pagi hari bisa menekan nafsu makan dan membuat kalori terbakar lebih cepat.

7. Ubi

Ubi belakangan ini menjadi pilihan makanan untuk diet. Tidak hanya kaya nutrisi dan karbohidrat, ubi juga rendah kalori, sehingga kamu takkan merasa bersalah memakannya.

Selain itu, ubi juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Kandungan nutrisi dalam ubi dapat mencegah efek radikal bebas.

8. Telur Rebus

Rekomendasi makanan untuk diet berikutnya jatuh pada telur rebus. Selain rendah kalori, telur rebus juga mengandung asam amino yang dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh.

9. Tahu dan Tempe

Siapa di sini yang tidak suka tahu dan tempe? Kedua makanan ini sudah bisa disebut sebagai makanan kesukaan orang Indonesia sejak lama.

Selain murah meriah, tahu dan tempe juga kaya akan protein dan nutrisi lainnya. Tahu dan tempe mengandung antioksidan yang tinggi dan bersifat antibakteri.

Sebagai makanan diet, lebih baik konsumsi tahu dan tempe setelah direbus, bukan digoreng. Menggoreng bisa mengurangi kadar gizi dalam suatu makanan.

10. Ikan Bakar

Mengkonsumsi ikan bakar sebagai makanan untuk diet dijamin bikin kamu menikmati menu makanan dietmu! Makanan satu ini mengandung lemak baik yang dapat membantu menurunkan berat badan.

11. Kacang-kacangan

Apabila kamu kelaparan selama diet, kamu bisa mengkonsumsi kacang sebagai camilan.

Kacang yang direkomendasikan adalah kacang almond dan kacang mede. Kacang tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk jantung.

12. Farro

Farro merupakan sejenis biji-bijian yang banyak digunakan dalam diet. 1 porsi biji ini mengandung mineral dan serat yang tinggi sehingga membuat kenyang lebih lama.

Farro biasanya dikonsumsi bersama dengan sayuran sebagai toping salad. Selain itu, farro juga dapat menjadi pengganti nasi.

13. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari, atau biasa dikenal sebagai kuaci, adalah salah satu camilan terkenal di Indonesia. Kuaci mengandung lemak baik, protein, dan serat yang tinggi untuk membantu diet.

Ditambah lagi, kuaci juga mengandung banyak vitamin, zat tembaga, dan folat yang baik bagi tubuh.

14. Minyak Zaitun

Rekomendasi makanan untuk diet berikutnya adalah minyak zaitun.

Dilansir dari laman WHO, minyak zaitun mengandung antioksidan yang tinggi dan lemak tak jenuh yang mampu mencegah terjadinya penumpukkan lemak.

15. Minyak Canola

Minyak canola juga direkomendasi sebagai makanan untuk diet. Minyak canola mengandung lemak tak jenuh sehingga baik bagi kesehatan jantung dan membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

16. Air Putih

Tahukah kamu bahwa air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan? Biasakan diri untuk mengganti minuman manis yang mengandung gula dengan air putih.

Kamu bisa tambahkan perasan lemon ke dalam air putih dingin untuk mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh. Selain diet, air putih juga dapat menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti kanker.

17. Jamur

Siapa disini yang suka makan jamur? Jamur cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet karena mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Tidak hanya itu, jamur juga membantu menahan rasa lapar.

18. Urap

Pernahkah kamu mendengar hidangan urap? Urap merupakan makanan yang terdiri dari sayuran rebus yang dicampur dengan kelapa parut dan diberi bumbu khusus.

Untuk kamu yang suka makan urap, kamu beruntung. Urap adalah salah satu makanan yang cocok untuk diet lho. Hidangan satu ini rendah kalori dan juga kaya akan serat yang membuat kenyang tahan lama.

19. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang baik untuk diet. Brokoli mengandung senyawa fitokimia yang dapat membantu membakar lemak jahat dalam tubuh.

20. Wortel

Makanan untuk diet lainnya yang bisa kamu coba adalah wortel. Makanan satu ini rendah kalori dan dapat membantu membakar lemak lebih maksimal.

21. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang biasa dihidangkan bersama dengan steak.

Tidak hanya rendah kalori, asparagus juga mengandung vitamin, antioksidan, dan mineral yang tinggi. Makanan satu ini cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet.

22. Timun

Timun adalah sayuran dengan kandungan air yang tinggi dan rendah kalori. Hal ini membuatnya banyak dikonsumsi selama diet. Timun dapat membantu tubuh tetap kenyang untuk waktu yang lama.

23. Bayam

Rekomendasi makanan untuk diet lainnya adalah bayam. Bayam mengandung serat yang tinggi dan juga rendah kalori, sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet.

24. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang cocok sebagai makanan untuk diet. Alpukat mengandung lemak baik yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan lebih cepat.

Kamu bisa mengkonsumsi alpukat bersama dengan roti gandum untuk mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang.

25. Pisang

Rekomendasi makanan untuk diet terakhir adalah pisang. Buah satu ini cocok untuk diet karena mengandung karbohidrat dan kaya akan serat, mineral, dan vitamin.

Pisang juga mengandung zat pektin yang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan zat pektin membantu membuat kamu kenyang lebih lama.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Selain beberapa rekomendasi makanan untuk diet, ada pula makanan yang harus dihindari selama diet.

Menurut e-book bertajuk Ilmu Gizi dan Diet Untuk Mahasiswa Keperawatan karya Indra Ruswadi, S. Kep., Ns., M. PH, DNM, makanan yang harus dihindari selama diet antara lain, makanan tinggi lemak, terlalu manis, terlalu berbumbu, dan minuman alkohol.

Untuk lebih jelasnya, simak daftarnya berikut ini.

1. Susu

Susu, terutama yang mengandung banyak gula, merupakan makanan yang harus dihindari selama diet. Kamu hanya boleh minum 1 hingga 2 gelas susu per harinya. Kalau bisa, pilih susu yang rendah lemak.

2. Daging Merah

Daging merah dan daging hasil olahan seperti sosis dan bacon juga harus dihindari selama diet.

Meskipun daging ini mengandung protein yang tinggi, tapi ia juga mengandung lemak sehingga tidak baik bagi tubuh.

3. Keju

Keju adalah makanan lain yang harus dihindari ketika diet. Keju mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga bisa membuat berat badan naik dengan cepat apabila dikonsumsi berlebihan.

4. Gorengan

Makanan berminyak seperti gorengan tentunya harus dihindari selama diet. Gorengan mengandung kalori yang sangat tinggi.

1 potong gorengan mengandung hampir 150 kkal. Kalori yang sama bisa kamu dapatkan dari seporsi bubur ayam.

5. Minuman Mengandung Gula

Hindari minum minuman yang mengandung gula selama diet. Minuman seperti soda dan bubble tea bisa mendorong naiknya berat badan dan meningkatkan risiko obesitas.

Biasakan diri untuk selalu minum air putih ketika haus. Banyak minum air putih bisa membuat kamu merasa lebih kenyang, sehingga dapat membatasi asupan saat makan.

6. Makanan Cepat Saji

Dilansir dari e-book berjudul Tips Diet Mudah karya Eryn Fibriany, makanan lain yang harus dihindari selama diet adalah makanan cepat saji.

Ayam goreng, kentang goreng, burger, dan lain-lain adalah contoh kecil dari fast food.

Makanan cepat saji biasanya mengandung banyak lemak jenuh, natrium, dan gula yang tidak baik bagi tubuh.

Selain menyebabkan gagal diet, makanan-makanan tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya. Maka dari itu, batasi konsumsi fast food sebisa mungkin.

7. Makanan Frozen

Selain makanan cepat saji, frozen food juga harus dibatasi. Belakangan ini frozen food banyak digemari karena proses memasaknya yang sangat mudah dan rasanya yang lezat.

Namun, konsumsi frozen food harus dikurangi. Frozen food mengandung natrium dan lemak yang tinggi sehingga tidak baik bagi tubuh.

Selain itu, kebanyakan frozen food harus digoreng sebelum dimakan, sehingga kalorinya cukup tinggi.

Itulah dia beberapa rekomendasi makanan untuk diet yang bisa coba kamu konsumsi.

Pastikan asupan nutrisi untuk tubuh tetap seimbang meski sedang diet. Imbangi juga dengan olahraga rutin dan jangan mudah menyerah ya!