10 Makanan Khas Jakarta yang Enak dan Wajib Dicoba

Jakarta, ibu kota Indonesia, terkenal dengan warisan budayanya yang kaya, jalanan yang ramai, dan tentunya makanannya yang lezat. Deretan kuliner Jakarta yang beragam menawarkan berbagai macam rasa dan hidangan yang pasti menggoda selera penduduk setempat dan pendatang.

Mulai dari kerak telor hingga nasi uduk yang harum, makanan khas Jakarta wajib dicoba bagi siapa pun yang ingin menjelajahi budaya makanan kota ini. Nah, pada artikel kali ini, Cove sudah menyusun daftar 10 makanan khas Jakarta enak dan wajib dicoba oleh para pecinta kuliner. Yuk, simak!

10 Makanan Khas Jakarta

1. Soto Betawi

Soto Betawi adalah hidangan yang enak dan wajib dicoba bagi siapa saja yang berkunjung ke Jakarta. Hidangan lezat ini dibuat dengan kombinasi bahan-bahan beraroma, termasuk santan, serai, dan berbagai bumbu. Soto Betawi biasanya disajikan dengan nasi dan diberi taburan bawang merah goreng, tomat, dan daun seledri, menambah cita rasa dan aromanya yang nikmat.

Salah satu faktor yang membuat Soto Betawi menonjol adalah teksturnya yang kaya dan creamy yang berasal dari tambahan santan. Makin enak karena biasanya juga dihidangkan dengan potongan daging sapi empuk yang telah direbus di dalam sup, memberikan tekstur daging yang empuk dan berair. Kombinasi rempah-rempah dan bumbu yang digunakan dalam sup memberikan keseimbangan rasa yang sempurna, menjadikannya makanan yang enak disantap untuk segala acara.

Beberapa tempat makan Soto Betawi di Jakarta yang recomended termasuk:

2. Kerak Telor

Kerak Telor adalah hidangan tradisional Betawi yang terbuat dari beras ketan dan diberi topping telur, udang, dan rempah-rempah sehingga memberikan cita rasa yang unik dan khas. Hidangan ini biasanya dimasak di atas api arang dan disajikan panas, menjadikannya camilan atau makanan yang sempurna saat bepergian.

Kerak Telor menawarkan perpaduan rasa dan tekstur yang istimewa. Nasinya yang lengket dan sedikit manis sangat cocok dipadukan dengan topping telur dan udang yang gurih dan sedikit pedas. Penggunaan berbagai bumbu, seperti ketumbar, lada putih, dan kemiri, juga menambah kedalaman rasa pada hidangan yang kompleks dan lezat ini.

Beberapa tempat makan Kerak Telor di Jakarta yang recomended termasuk:

3. Roti Buaya

Makanan khas Jakarta ini terbuat dari perpaduan tepung, gula, dan ragi yang dibentuk menyerupai buaya sebelum digoreng. Hasilnya adalah bagian luar yang renyah dan bersisik dan bagian dalam yang lembut dan halus, menjadikannya makanan ringan atau makanan penutup yang sempurna.

Roti Buaya bisa ditambahkan variasi isian yang beragam. Dari cokelat dan keju hingga selai kacang dan susu kental, variasi isian yang bisa dicoba tidak terbatas. Isian Roti Buaya biasanya ditambahkan setelah roti digoreng, memberikan tekstur hangat dan lengket yang memuaskan sekaligus lezat.

Beberapa tempat makan Roti Buaya di Jakarta yang recomended termasuk:

4. Nasi Uduk

Nasi uduk adalah hidangan nasi wangi yang dibuat dengan menanak nasi dalam santan dan berbagai bumbu dan rempah aromatik seperti serai, daun pandan, dan daun salam. Hasilnya adalah nasi yang harum dan beraroma yang sangat cocok sebagai bahan dasar aneka topping.

Nasi Uduk bisa diberi variasi topping, mulai dari ayam goreng dan tempe renyah hingga rendang daging sapi gurih dan sambal pedas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan bawang merah goreng, irisan mentimun, dan telur rebus, menambah rasa dan tekstur yang lezat.

Beberapa tempat makan Nasi Uduk di Jakarta yang recomended termasuk:

5. Tape Uli

Tape Uli merupakan makanan penutup khas Jakarta yang dibuat dengan memfermentasi singkong atau ubi, menghasilkan rasa yang sedikit asam dan manis. Singkong atau ubi yang telah difermentasi kemudian dihaluskan dan dibentuk menjadi bola-bola kecil sebelum dilapisi dengan parutan kelapa.

Banyak orang menyukai Tape Uli karena rasa dan teksturnya yang unik dan khas. Proses fermentasi memberi rasa yang sedikit tajam dan asam, dilengkapi dengan rasa manis dari parutan kelapa. Makanan ini juga sedikit kenyal sehingga memberikan tekstur yang memuaskan dan nikmat sehingga sangat cocok sebagai makanan ringan atau makanan penutup.

Beberapa tempat makan Tape Uli di Jakarta yang recomended termasuk:

6. Lontong Sayur

Lontong Sayur adalah hidangan tradisional Betawi yang menyajikan lontong bersama sayur yang kaya dan beraroma. Hidangan ini biasanya dicampur dengan berbagai macam sayuran seperti bayam, nangka, dan melinjo, serta berbagai bumbu dan santan, memberikan cita rasa yang lezat dan aromatik.

Lontong Sayur memadukan lontong yang lembut dan kenyal dengan kuah sayur yang gurih dan beraroma. Penggunaan berbagai bumbu, seperti serai, lengkuas, dan kunyit, juga menambah kedalaman rasa.

Beberapa tempat makan Lontong Sayur di Jakarta yang recomended termasuk:

7. Soto Tangkar

Soto Tangkar adalah hidangan sup tradisional yang dibuat dengan iga sapi yang telah direbus selama berjam-jam dalam kaldu beraroma. Rasa kaldunya makin kaya dan gurih karena ditambah dengan berbagai bumbu dan rempah, termasuk serai, lengkuas, dan daun jeruk.

Ada banyak topping yang bisa ditambahkan pada sajian Soto Tangkar. Biasanya, Soto Tangkar disajikan dengan lontong, tauge, dan berbagai bumbu dan rempah-rempah, seperti ketumbar, bawang merah, dan sambal.

Beberapa tempat makan Soto Tangkar di Jakarta yang recommended termasuk:

8. Dodol Betawi

Dodol Betawi dibuat dengan cara memasak campuran tepung ketan, santan, dan gula aren secara perlahan hingga menjadi pasta yang kental dan lengket. Suguhan manis dan kenyal ini cocok sebagai camilan atau dessert. Makanan khas Jakarta ini memiliki rasa dan tekstur yang unik dari perpaduan antara gula aren yang manis dan santan yang kental.

Beberapa tempat makan Dodol Betawi di Jakarta yang recommended termasuk:

9. Semur Jengkol

Semur Jengkol adalah hidangan tradisional Betawi yang dibuat dengan cara merebus jengkol dalam saus yang kaya dan beraroma. Ada berbagai bumbu dan rempah yang digunakan, termasuk bawang putih, bawang merah, dan kecap manis. Rasa jengkol yang sedikit pahit dan pedas yang diimbangi dengan manisnya saus sehingga menghasilkan sajian yang unik dan lezat.

Beberapa tempat makan Semur Jengkol di Jakarta yang recommended termasuk:

10. Ketoprak

Ketoprak terdiri dari campuran bihun rebus, tahu, tauge, dan lontong, semuanya dibumbui dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Hidangan ini sering disajikan dengan bawang merah goreng yang renyah, cabai cincang, dan irisan jeruk nipis, menambah rasa yang dalam dan aroma yang menyegarkan pada hidangan.

Beberapa tempat makan Ketoprak di Jakarta yang recommended termasuk:

Buat kamu ingin menjelajahi deretan jajanan kaki lima atau bersantap di restoran tradisional, Jakarta punya makanan khas yang bisa dinikmati semua orang. Yukcobain 10 makanan khas Jakarta di atas dan rasakan cita rasa yang membuat kota ini begitu istimewa!